Mengungkap Fenomena Sains (Al-Ayat Al-Kauniyah) Dalam Al-Qur’an

Print
Category: Artikel
Published on Saturday, 09 February 2013
Written by RaSAIL Media Group

 

Oleh Mohammad Nor Ichwan

Pendahuluan

Al-Qur’an telah memperkenalkan dirinya dengan beberapa atribut. Salah satu di antaranya adalah berfungsi sebagai hudan li al-nas. Ia merupakan kamus kehidupan yang di dalamnya memuat kata-kata kunci yang sangat bermanfaat untuk berkomunikasi dengan Dzat yang Maha Tunggal, alam, dan manusia, bahkan dengan egonya sendiri sebagai ego terbatas, guna untuk meraih kualitas spiritual dalam bentuk taqwa.

Add a comment

Memahami Agama Melalui Pendekatan Sosiologis

Print
Category: Artikel
Published on Wednesday, 13 March 2013
Written by RaSAIL Media Group

 

Nama Emile Durkheim, bisa jadi tidaklah semashur nama-nama seperti Frued, Karl Mark, E.B. Tylor, dan tokoh pemikir Eropa lainnya. Namun demikian, namanya mencuat dengan konsep sosiologisnya. Ia bisa dibilang sebagai orang pertama yang menyinggung masalah ini – meskipun ia bukanlah orang yang pertama kali memakai kata itu - dalam berbagai pola pemikirannya. Durkheim - yang lahir di kota Epinal pada tahun 1858, Perancis – berusaha memperjuangkan arti pokok masyarakat untuk memahami pemikiran dan perilaku manusia secara keseluruhan, tidak saja masalah agama, tapi juga sains, filsafat, sejarah, etika, pendidikan, politik, dan psikologi. Atau dengan kata lain, bahwa ia berusaha melihat seluruh aspek kehidupan manusia melalui kacamata sosial.

Add a comment

Matahari (Al-Syamsy) Dalam al-Qur’an Oleh Mohammad Nor Ichwan

Print
Category: Artikel
Published on Saturday, 09 February 2013
Written by RaSAIL Media Group

Matahari merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup yang ada di bumi, baik berupa manusia, hewan, maupun tumbuh-tumbuhan. Panas matahari yang di-pancarkan ke segala arah penjuru bumi baik langsung maupun tidak langsung merupakan penyebab semua kehidupan di atas bumi. 

Add a comment

Theologi Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah

Print
Category: Artikel
Published on Monday, 11 February 2013
Written by RaSAIL Media Group

 

Oleh Mohammad Nor Ichwan

A. Pendahuluan

RaSAIL Media Group. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah ahl al-sunnah wa al-jama’ah, suatu faham yang paling banyak dianut oleh umat Islam, termasuk di Indonesia. Namun demikian, kebanyakan umat Islam tidak tahu persis, kelompok manakah yang dimaksud sebagai ahl al-sunnah tersebut. Hal ini lebih disebabkan oleh banyaknya golongan (firqah) yang berkembang di kalangan umat Islam dan kesemuanya mengklaim sebagai kelompok ahl al-sunnah wa al-jama’ah.

Add a comment